Membaca Karakter Lewat Musik kesukaannya

Membaca Karakter Lewat Musik kesukaannya - Selera musik dan tipe kepribadian ternyata berkaitan sangat erat. Berdasarkan suatu riset berskala dunia, musik favorit bisa jadi merupakan cermin kepribadian diri Anda. Penelitian ilmiah tentang hubungan selera musik dengan kepribadian dilakukan Professor Adrian North dari Heriot-Watt University.

Membaca Karakter Lewat Musik kesukaannya

Dengan melibatkan puluhan ribu orang di seluruh dunia, ia mengklaim risetnya sebagai penelitian terbesar untuk jenis riset serupa yang pernah dilakukan sebelumnya.

Kepada BBC, North menggambarkan risetnya ini sebagai suatu hal yang mengejutkan dan signifikan. "Kami selalu menduga adanya hubungan antara selera musik dan kepribadian. Ini adalah untuk pertamakalinya bahwa kami telah berhasil menelitinya dalam detil yang nyata.

Belum pernah ada satu pun yang meneliti dengan skala seperti ini sebelumnya," tegasnya.

Hasil temuan paling menarik dari riset North adalah adanya kemiripan antara penggila musik klasik dan heavy metal. "Salah satu yang paling mengejutkan adalah adanya kesamaan antara penggemar musik klasik dan heavy metal. 

Mereka sama-sama kreatif, tenang tetapi tidak outgoing," ungkapnya. North juga menyatakan riset ini akan sangat berguna bagi kepentingan marketing. "Jika Anda memahami selera musik seseorang, maka Anda akan dapat mengatakan seperti pada pribadinya, siapa dan menjual apa," tambahnya.

Dalam risetnya, North meminta lebih dari 36.000 partisipan dari seluruh dunia untuk merata-ratakan 104 jenis musik. Mereka juga ditanya mengenai aspek kepribadian. Riset ini masih akan berlanjut dan Prof North, yang juga Dekan Fakultas Psikologi Heriot-Watt University, berencana melibatkan partisipan untuk ikut ambil bagian mengisi kuisioner singkat secara online.

Dan berikut adalah beberapa musik yang dapat menunjukkan kepribadian:



Percaya Diri Tinggi
Pekerja Keras
Kreatif
Outgoing
Gentle
Tenang

BLUES
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya

JAZZ
Ya
Ya
Ya
Ya

CLASSIC
Ya
Ya
Ya

RAP
Ya
Ya

OPERA
Ya
Ya
Ya

COUNTRY
Ya
Ya

REGGAE
Ya
Tidak
Ya
Ya
Ya
Ya

DANCE
Ya
Ya
Tidak

INDIE
Tidak
Tidak
Ya
Tidak

ROCK/METAL
Tidak
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Ya

POP
Ya
Ya
Tidak
Ya
Ya
Tidak

SOUL
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya

BOLLYWOOD
Ya
Ya

Sumber : BBC

Musik dan Tipe Kepribadian Anda :

BLUES : Percaya diri tinggi , kreatif, outgoing, gentle dan tenang
JAZZ : Percaya diri tinggi, kreatif, outgoing dan tenang
CLASSIC : Percaya diri tinggi, kreatif, introvert dan tenang
RAP : Percaya diri tinggi, outgoing
OPERA : Percaya diri tinggi, kreatif, gentle
COUNTRY dan WESTERN : Pekerja keras, outgoing
REGGAE : Percaya diri tinggi, kreatif, bukan pekerja keras, outgoing, gentle dan tenang
DANCE : Kreatif, outgoing, tidak gentle
INDIE : Percaya diri rendah, kreatif, bukan pekerja keras, tidak gentle
BOLLYWOOD : Kreatif, outgoing
ROCK/HEAVY METAL : Percaya diri rendah, kreatif, bukan pekerjakeras, tidak outgoing, gentle, tenang
POP : Percaya diri tinggi, tidak kreatif, pekerja keras, outgoing, gentle, tidak tenang
SOUL : Percaya diri tinggi, kreatif, outgoing, gentle, tenang

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Membaca Karakter Lewat Musik kesukaannya
Apa sih sebenarnya tujuan orang mendengarkan musik? Ada yang mendengarkan musik untuk hiburan, tapi ada juga yang menjadikan musik sebagai inspirasi.

Ada orang yang ketika sedang merasa sedih atau galau, mereka mendengarkan musik-musik romantis, lagu-lagu slow yang bertema patah hati.

Namun ada juga yang gara-gara mendengarkan musik-musik seperti itu, hatinya jadi merasa sedih, padahal sebelumnya tidak. Inilah kuatnya pengaruh musik dalam kehidupan.

Karena diciptakan oleh berbagai orang dengan berbagai macam karakter, maka jenis musikpun berbeda-beda. Mulai dari musik tradisional sampai musik yang membutuhkan teknologi tinggi. Peminat jenis-jenis musik itupun berasal dari kalangan yang berlainan.

Inilah sebabnya, pilihan musik favorit dianggap dapat menjadi gambaran mengenai kepribadian seseorang.

Pilihan jenis musik tertentu juga mempengaruhi perlakuan kepada mereka yang menggemarinya. Misalnya saja, panitia konser musik rock akan membuat desain panggung dan pengamanan yang berbeda dibandingkan dengan jika mengadakan konser musik klasik.

Hal ini karena penikmat beragam jenis musik memiliki karakternya masing-masing.
So, apa musik favorit kamu? Dan bagaimana kepribadianmu dilihat dari musik favoritmu?
 
Pop

Musik pop adalah musik dengan jumlah penggemar terbanyak. Hal ini karena musik pop mudah diterima oleh hampir semua kalangan. Musik pop juga lebih sering diputar di siaran radio-radio, sehingga memungkinkan lebih banyak orang yang mendengarkannya, dan akhirnya menggemarinya. Jika kamu adalah penggemar musik pop sejati, maka biasanya kamu adalah orang yang terbuka, jujur dan cenderung konvensional.

Para penikmat musik pop juga suka bekerja keras dan punya harga diri yang tinggi. Para peneliti menemukan bahwa mereka pada umumnya kurang kreatif dan nyaman dengan keadaannya sekarang.


Rock/Heavy Metal

Walaupun jika dilihat dari luar, para musisi rock itu terlihat urakan, namun sebagian besar dari antara mereka justru berkepribadian lembut dan menyayangi keluarganya.

Tidak jauh berbeda dengan penggemar musiknya. Meskipun terlihat garang, namun sebetulnya kamu kurang rasa percaya diri, sehingga meskipun selalu ingin berkreasi, tapi lebih banyak menutup diri.

Jazz
Termasuk dalam golongan ini adalah juga para penyuka musik blues atau soul music. Kalau kamu adalah penikmat jenis-jenis musik tersebut, maka kamu adalah orang yang terbuka dan punya harga diri yang cukup tinggi. Orang-orang penyuka jazz juga adalah orang-orang yang kreatif, cerdas dan cenderung tenang.

Rap dan Hip Hop

Para musisi rap atau hip hip biasanya adalah masyarakat keturunan Afro-America. Mereka pada umumnya menjalani masa kecil dengan keras, di daerah-daerah yang berbahaya. Penampilan mereka juga cenderung bling-bling, sehingga lebih menarik perhatian.

Walau demikian, para peneliti menemukan bahwa jika kamu adalah penggemar musik rap atau hip hop, bukan berarti kamu adalah orang yang suka dengan kekerasan. Kamu justru adalah pribadi yang ramah dan memiliki harga diri yang tinggi.


Klasik

Walaupun cenderung tertutup, kamu adalah orang yang tenang, baik saat menghadapi gejolak yang ada dalam dirimu sendiri maupun yang berhubungan dengan keadaan sekitarmu. Kamu adalah pribadi yang kreatif dan mampu menjaga harga diri dengan baik.

Country

Orang-orang yang menyukai musik country biasanya adalah orang-orang yang suka bekerja keras, konvensional dan ramah. Memang, biasanya lirik lagu-lagu country bercerita tentang seseorang yang tengah patah hati. Namun, kalau kamu menyukai musik ini berarti kamu adalah seseorang yang emosinya stabil.

Indie

Sebagian musik indie sebenarnya enak didengar, namun hanya sedikit yang mampu menikmatinya. Hal ini karena para pemusik indie memang ingin berkarya dengan gayanya sendiri, tidak mau terpengaruh dengan selera pasar.

Sedangkan para penyuka musik indie biasanya adalah orang-orang yang cenderung tertutup, namun cerdas dan kreatif. Menurut para peneliti, mereka juga tidak suka pekerjaan yang terlalu menghamburkan tenaga dan perasaannya kurang peka.

Pada umumnya juga mereka sering merasa cemas dan rendah diri.

Dance music

Kalau kamu sangat menyukai musik dance, berarti kamu adalah pribadi yang ramah dan tegas.

Jadi Apa Karakter Mu...??
Silahkan Berkomentar dan Terima Kasih

Sumur





Share:
spacer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar